Operasi Pasar, Bawang Putih Capai Harga Rp 40 Ribu


Pemerintah melakukan operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur. Sebanyak 8 ton bawang putih dikucurkan ke sana.

Operasi pasar yang dilakukan Kementerian Perdagangan untuk menyediakan bawang sebanyak 8 ton dengan harga perkilogramnya Rp 25 ribu. Bawang putih ini ditargetkan disalurkan kepada pedagang eceran.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Tjahya Widayanti menuturkan bawang putih dijual di harga Rp25 ribu per kilogram (Kg) kepada penjual eceran. 

Bawang putih sendiri memang dikabarkan sedang melambung harganya. Harga yang naik tajam ini diperkirakan telah dimulai sejak awal tahun pergerakannya.

Para pedagang diberikan kuota pembelian maksimal sebanyak satu karung alias 20 kilo gram, satu karungnya sendiri akan menjadi seharga Rp 500 ribu.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayanti berharap harga bawang putih kembali lagi di standar yang normal. Menurut dia normalnya harga bawang putih sekitar Rp 25 ribu sampai 35 ribu perkilogram.

“Tahun lalu itu kan kita mau Rp 25 ribu-35 ribu, di ritel moderen itu Rp 35 ribu tapi sudah bersih,” ungkap Tjahya waktu memimpin operasi pasar di Pasar Induk Kramat Jati, Kamis (18/4/2019).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *