Open Ceremony Smart City Jakarta serta Pameran Tekologi Internasional

Jakarta – Menjadi tuan rumah perhelatan akbar pameran teknologi industri terbesar dan terlengkap di Indonesia; Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy, Indo PoolTech, Indo Security, Indo Firex 2019 Expo & Forum dan Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX) Jakarta 2019 yang telah resmi dibuka pada tanggal 17 Juli 2019 oleh Dr. Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Wakil Presiden Republik Indonesia; didampingi Bapak Tjahjo Kumolo selaku Menteri Dalam Negeri, Bapak Rudiantara selaku Menteri Komunikasi dan Informatika, dan Drs. Akmal Malik, M. Si selaku Plt. Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

Kegiatan Pameran dan Forum yang diselenggarakan oleh PT Napindo Media Ashatama digelar selama 3 hari ke depan hingga pada tanggal 19 Juli 2019 di Jakarta Convention Center – Indonesia dan akan menampilkan teknologi terkini bidang industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, K3 dan pengembangan kota cerdas (Smart City) .

Beberapa industri ternama yang turut berpartisipasi antara lain: Vinilon, Rucika, Indo Bara, Wilo Pump, Maxon Price, Hantech George Fisher, Tsurumi Pump, Pindad, Sritex, Wilfina, Naffco, Ziegler, Al knoory, Telkom, Philips, Amazon Web Service, Cyviz, dan Tibco.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh PT Napindo Media Ashatama ini, merupakan kegiatan pameran dan forum yang akan menampilkan konsep dan inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup, sehingga akan membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak huni (sustainable).

Didukung penuh oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Badan Siber dan Sandi Negara, Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan dan beberapa lembaga pemerintahan lainnya, kegiatan ini diikuti oleh 565 peserta pameran dari 30 negara. Pameran ini juga turut mengundang Kepala-kepala Daerah (Gubernur, Walikota dan Bupati) dari 548 provinsi kota dan kabupaten di Indonesia.

Untuk pertama kalinya, perhelatan akbar ini akan melangsungkan beberapa forum dan kegiatan besar antara lain :

1. Indonesia International Smart City Forum 2019 akan berlangsung pada tanggal 17 – 18 Juli 2019 dengan tema “Powering Public Services: Uniting Resources Within Synergy, Innovation and Collaboration Governance” yang akan mengundang kementerian dan lembaga terkait pembangunan smart city di Indonesia. Adapun topik pembahasan yang diangkat antara lain: “Mensinergikan Perencanaan Induk dan Pengembangan Kota Cerdas yang Terpadu” dan “Memperkuat Kerjasama dan Koordinasi untuk Membangun Kota Cerdas, Aman dan Berkelanjutan”.

2. Panel Diskusi akan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2019. Adapun topik pembahasan yang diangkat antara lain Program Kota Cerdas di Indonesia, Pembiayaan Kota Cerdas dan Strategi Pendanaan, Penanganan Keadaan Darurat dan Bencana, Infrastruktur dan Aplikasi Digital, Smart Waste Management, Smart Security

3. Water Technology Seminar akan berlangsung pada tanggal 19 Juli 2019. Adapun topik pembahasan yang diangkat antara lain Teknologi Ozon untuk Mengurangi Penggunaan Bahan Kimiawi dalam Pengolahan Air Tingkat Lanjut, Teknologi IOT (Internet Of Things) dalam Teknologi Purifer Rumahan , Teknologi Filter Press, Limbah Domestik dalam peraturan MenLHK 68 Tahun 2016, Optimalisasi Pompa Dosing

4. Smart Village Forum akan berlangsung pada tanggal 17 Juli 2019 yang akan mengupas konsep dan perencanaan desa cerdas.

5. Internal Forum Group Discussion akan berlangsung pada tanggal 17 Juli 2019, dengan mengangkat tema “Penanganan Proteksi Kebakaran di Lapas/Rutan”

6. Cyber Competition akan berlangsung pada tanggal 18 Juli 2019. Kompetisi ini merupakan acara kompetisi keamanan siber yang secara khusus fokus pada aspek operasional pengelolaan dan perlindungan layanan dan infrastruktur sistem informas yang ditujukkan bagi para profesional di bidang kemanan siber.

Diharapkan 20.000 pengunjung akan hadir selama tiga hari penyelenggaraan. Jam buka pameran direncanakan mulai pukul 10.00 – 18.00 WIB (17 – 18 Juli 2019) dan pukul 10.00 – 17.30 WIB (19 Juli 2019). Pameran ini dapat dihadiri oleh pengunjung pemerintahan dan profesional tanpa dipungut biaya. Indo Water, Indo Waste, Indo Renergy dan Indo Pooltech didukung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Indonesian Water Association (IDWA), Waste4Change, Greeneration Foundation, Busan Metropolitan City, Busan Techno Park, Korea Water Resources Corporation (K-Water), Korea Environmental Industry & Technology Institute, Korea Environmental Preservation Association, Korea Trade-Investment Promotion Agency, SUDOKWON Landfill Site Management Corp. , Singapore Water Association, Taiwan Environmental Manufacturers Association, Taiwan Drinking Water Equipment Association dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI). Indo Security dan Indo Firex didukung oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS), Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkar), Asosiasi Pemadam Kebakaran Indonesia (APKARI), Asosiasi Profesi Sekuriti Indonesia (APSI), World VAV Federation, Asosiasi Teknologi Industri Sekuriti Indonesia (ATISI), Asosiasi Industri Sistem Keamanan Indonesia (AISKINDO) dan Asosiasi Perusahaan Pameran Indonesia (ASPERAPI).

IISMEX Jakarta 2019 didukung oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia, Kementerian Keuangan Republik Indonesia, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia, Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas Republik Indonesia, Badan Standarisasi Nasional, Badan Ekonomi Kreatif, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Asosiasi Perusahaan Tik Nasional, Asosiasi Big Data & Ai dan Asosiasi Perusahaan Penyelenggaraan Pameran Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *