Menyambut HUT RI 74, Kementrian Perdagangan ,Hari Belanja Diskon Indonesia Diadakan Serentak

Jakarta– Dalam rangka menyambut HUT RI ke 74, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan menyelenggarakan kegiatan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) tahun 2019. Ketua Panitia HBDI 2019, Fetty Kwartati mengatakan even tersebut akan menawarkan aneka promo istimewa bernuansa 74.

“HBDI 2019 yang bertepatan dengan hari ulang tahun RI ke-74 akan memberikan aneka promo istimewa bernuansa 74, seperti diskon hingga 74 persen, harga khusus untuk produk tertentu seharga Rp 74.000, promo bagi mereka yang berusia 74 tahun, dan masih banyak lagi,” ujar Fetty Kwartati saat konferensi pers di Gedung Kemendag, Gambir, Kamis (25/7).

HBD tahun ini targetkan peningkatan transaksi sebesar 20% dari realisasi kegiatan yang sama tahun lalu yang mencapai Rp 24 triliun. Peningkatan target transaksi ini tidak lepas dari semakin bertambahnya pengusaha ritel yang ikut berpartisipasi.

Wakil Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Shinta Widjaja Kamdani menyambut baik gelaran acara tersebut. Ia menyebutkan tema HBDI tahun ini mengusung semangat nasionalisme dan keberagaman yang berupaya merekatkan persatuan Indonesia.

“Untuk itu pada HBDI 2019 para peritel akan memberikan promo tambahan konsumen yang menggunakan atribut merah putih pada 17 Agustus 2019. Atribut merah putih tersebut dapat berupa pakaian, aksesori yang dikenakan atau pun dibawa saat berbelanja,” ucap Shinta.

Selain beragam promosi menarik di HBD 2019, pihak panitia juga turut  akan dilangsungkan forum diskusi “Indonesian Brands Go Global”. Hal ini merupakan salah satu bentuk dukungan terhadap program Aku Cinta Produk Indonesia yang digalakkan Kementerian Perdagangan sekaligus menunjang program Visit Wonderful Indonesia (ViWI) yang dijalankan oleh Kementerian Pariwisata.

Dalam pandangan terpisah, Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO) Budihardjo Iduansjah mengungkapkan bahwa acara tahun ini peserta HBD mencapai 200 perusahaan dengan 300 brand. Selain itu jumlah gerai yang berpartisipasi mencapai 18.000 unit di 300 pusat perbelanjaan. Adapun pelaksanaan HBD tahun 2019 akan berlangsung di 70 kota. . Tidak hanya itu, produsen, pemasok, dan distributor juga akan dilibatkan dalam kegiatan tersebut.

Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Shinta Widjaja Kamdani mengungkapkan, ajang HBD ini diharapkan dapat mengangkat brand-brand lokal untuk go internasional.

“Oleh karena itu, pemerintah perlu memberi dukungan kepada brand-brand tersebut. Salah satunya adalah dengan mempromosikannya lewat perwakilan perdagangan di luar negeri,” ujar Shinta. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *