Kawasan Industri Populer di Indonesia

Seperti yang diketahui, Indonesia merupakan negara berkembang.  Perkembangan di Indonesia termasuk pesat itu dikarenakan dukungan dari berbagai masyarakat terutama pada bidang industrinya. Diberbagai wilayah di Indonesia, industri lebih banyak di pulau Jawa. Jadi, yang ingin berkunjung ke beberapa daerah industri di Indonesia, tidak memerlukan suku bunga KTA lantaran lokasinya yang tidak terlalu jauh.

Kawasan industri memang dijadikan sebagai pusat berbagai industri dan berdirinya macam-macam perusahaan. Oleh sebab itu, dikawasan industri akan terdapat banyak sekali berbagai perusahaan-perusahaan yang berdiri. Berikut daerah industri populer di Indonesia:

1. Karawang

Karawang merupakan kawasan industri yang tergolong sangat menggiurkan bagi para pekerja dikarenakan gaji UMR atau Upah Minimum Regional yang ditawarkan oleh perusahaan di daerah industri karawang sendiri mencapai Rp 3,3 juta. Tentu, ini lebih besar dibandingkan dengan Jakarta bukan?

Karawang sudah dianggap rumah sendiri bagi lebih dari 78 perusahaan dan semua perusahaan ini bergerak pada bidang produksi. Sebagian besar perusahaannya adalah perusahaan sektor otomotif dari negeri Sakura(Jepang).

2. Bekasi

Kedua ada Bekasi sebagai daerah industri yang menawarkan gaji tertinggi di Indonesia. Hampir sama dengan daerah Karawang, di Bekasi ada lebih dari 75 perusahaan yang bergerak di bidang yang sama, yaitu bidang produksi.

Dari perusahaan-perusahaan ini ratusan ribu pekerja mencari nafkah dan masih banyak lagi lowongan pekerjaan yang masih tersedia. Untuk UMR di Bekasi Kota sekitar Rp 3,3 juta namun sedangkan UMR Kabupaten sekitar Rp 3,2 juta.

3. Pulogadung

Pulogadung merupakan tempat di Jakarta yang daerah industrinya wajib dikunjungi. UMR di Pulogadung sendiri tercatat pada tahun 2016 sudah mencapai Rp 3,1 juta. Pulogadung merupakan daerah industri yang sangat penting di daerah Jakarta dikarenakan Pulogadung merupakan rumah bagi lebih dari 40 perusahaan yang bergerak di berbagai sektor seperti otomotif, makanan, minuman dan obat-obatan.

Hanya saja, biaya hidup di Pulogadung termasuk tinggi. Oleh sebab itu, jika ingin bekerja di Pulogadung, anda harus pintar menggelolah biaya. Walaupun gaji yang anda dapatkan tinggi dengan biaya hidup yang juga tergolong tinggi, bisa saja tidak mencukupi.

4. Surabaya

Surabaya merupakan kota terbesar di Indonesia kedua setelah Ibukota Jakarta dan menempati urutan keempat sebagai kawasan industri yang menawarkan gaji tertinggi .UMRnya sudah mencapai angka Rp 3,04 juta. Jika diperhatikan perbedaannya hanya sedikit dengan UMR Jakarta.

Dibandingkan dengan Jakarta dan berbagai kawasan industri lainnya, biaya hidup di Surabaya tergolong lebih murah. Maka wajar jika Anda lebih memilih Surabaya ketimbang Jakarta karena biaya hidup yang relatif murah. Kebanyakan perusahaan di Surabaya bergerak di berbagai bidang dari mulai makanan, elektronik sampai garmen.

5. Pasuruan

Yang terakhir ada Pasuruan. Pasuruan memiliki luas 518 hektar dan merupakan rumah bagi lebih dari 119 perusahaan dengan jumlah tenaga kerja mencapai lebih dari 23 ribu pekerja. Sebagian besarperusahaan yang berada di Pasuruan bergerak di bidang industri makanan dan minuman dan sebagian kecil di sektor lainnya seperti otomotif. UMR yang ditawarkan mencapai Rp 3,03 juta.

Jangan lupa, jika berkunjung ke wilayah-wilayah di atas selain kawasan industrinya juga terdapat tempat-tempat wisata yang dapat anda kunjungi. Jadi, selain survei bisa wisata-wisata.

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *