Electricity Forum 2019, Perkenalkan TOSS Bahan Baku Energi Listrik

 Jakarta | Sekolah Tinggi Teknik PLN (STT PLN)  menyelenggarakan: “Electricity Forum 2019”. Kegiatan forum kelistrikan nasional yang diselenggarakan bersamaan dengan peringatan HUT ke-21 STT PLN tersebut, mengangkat tema: “Inovasi Teknologi Kelistrikan & Kerakyatan Untuk Kemandirian Energi Nasional.”

 Acara tersebut berlangsung di Kampus STT PLN, Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat, pada 27-28 Maret 2019. Rangkaian kegiatan tersebut meliputi: Pameran; Presentasi Produk  dari sejumlah perusahaan di bidang kelistrikan; dan juga Job Fair. Kegiatan ini juga menampilkan inovasi Pelet TOSS (Tempat Olah Sampah Setempat) dari STT PLN sebagai bahan baku energi Listrik Kerakyatan.
 

Electricity Forum 2019 tersebut, dimulai dengan Talkshow Interaktif  yang menghadirkan Ketua STT PLN, Supriadi Legino, Illah Sailah yang saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah III, DKI Jakarta, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti); serta Djoko Rahardjo Abumanan, Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara.
 

Pihak STT PLN menyampaikan “Laporan Perjalanan Tempat Olah Sampah Setempat (TOSS) dan Listrik Kerakyatan” dari awal program tersebut digulirkan sampai kemudian menjadi  Program unggulan STT PLN. Terutama dalam memberikan kontribusi terhadap kebutuhan listrik di masyarakat yang terus meningkat dengan bahan baku energi ramah lingkungan yakni sampah.
 

Tampil sebagai Keynote Speech adalah Jumain Appe,  Direktur Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti dan Rasmus A. Kristensen Duta Besar Denmark untuk Indonesia.  Jumain Appe menyampaikan apresiasinya terhadap STT PLN sebagai sekolah tinggi vokasi yang menghasilkan tenaga-tenaga terdidik, terampil, dan profesional di bidang ketenagalistrikan Tanah Air.  Apple juga menyampaikan apresiasi terhadap inovasi STT PLN untuk menghasilkan energi listrik dari sampah.

Sementara Rasmus memaparkan mengenai dukungan Pemerintah Denmark untuk memajukan Energi Baru Terbarukan di wilayah terpencil terutama di Indonesia Timur.

Sebagai rangkaian kegiatan Electrical Forum 2019,dilaksanakan Diskusi Panel mengenai Listrik Kerakyatan. Hadir dalam diskusi tersebut: Djoko Abumanan,  Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Timur, Bali dan Nusa Tenggara PT PLN (Persero); I Nyoman Suwirta, Bupati Klungkung; Sripeni Inten Cahyani, Direktur Utama PT Indonesia Power. Diskusi tersebut dipandu oleh  Supriadi Legino, Ketua STT PLN.

Sedangkan diskusi sesi ke-2 dengan tema: “Menjalankan Peluang dan Tantangan Membangun Kelistrikan dalam Listrik Kerayatan”. Hadir sebagai panelis: Sonny Djatnika Sunda Djaja, PT Hariff Daya Tunggal Engineering; FX Sutijastoto, Dirjen EBTKE Kementerian ASDM; Hudoyo, Staff Ahli Menteri  LKH Bidang Energi; dan Jaya Wahono, Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Bio Massa Mentawai.

Penghargaan MLI dan MoU STT PLN

Dalam Electricity Forum 2019 juga dilaksanakan Job Fair dari sejumlah perusahaan kelistrikan, perbankan, dan asuransi.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, Majalah Listrik Indonesia juga memberikan penghargaan kepada pihak yang dinilai berkontribusi ikut mendorong kemajuan industri kelistrikan nasional, yakni kepada: PT Sumber Segara Primadaya; PT Bekasi Power; PT Enviromate Technology Internasional; PEB Steel Indonesia; Ketua STT PLN, Supriadi Legini; dan CEO Volksel Electric, David Lius. Penghargaan tersebut disampaikan oleh Juli Satrio, Pimpinan Umum Majalah Listrik Indonesia, didampingi Irwadhi Marzuki, Managing Director dan Bahar Yahya, Pemred Listrik Indonesia.
 

Di sela acara tersebut juga dilakukan Penandatangan MOU antara pihak STT PLN dengan PLN Engineering.  

(***)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *