BCA Terbitkan Kredit UMKM Rp 25 Miliar Melalui KlikACC

Negeri ini sempat mengalami krisis moneter, saat itu Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM)menjadi salah satu yang berperan dalam membangkitkan pertumbuhan ekonomi. Berkaca dari kondisi tersebut, pemerintah terus mendorong UMKM di berbagai sektor usaha. Selain di sisi regulator, stakeholders dan lainnya, pemerintah juga serius mendorong pertumbuhan tersebut secara signifikan.

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) adalah salah satu bank yang mendukung program pemerintah dalam penyaluran kredit UMKM di berbagai sektor usaha. Salah satu perwujudannya melalui penandatanganan kerja sama penyaluran kredit UMKM dengan PT Aman Cermat Cepat, perusahaan financial technology yang menyediakan platform pendanaan digital berbasis sistem kemitraan KlikACC.

Hadir untuk menandatangani kerja sama penyaluran kredit melalui KlikACC, Executive Vice President Bisnis Komersial & SME BCA Liston Nainggolan dan Direktur Utama PT Aman Cermat Cepat (KlikACC) Rusli Hidayat. Penandatanganan disaksikan oleh Kepala BCA Kantor Wilayah XII Freddy Suliman, Kepala BCA KCU Suryopranoto Lilis Meilinayanti, dan Wakil Direktur Utama KlikACC Bong Elysabet di Jakarta.

Melalui kerja sama ini, BCA menunjuk KlikACC sebagai penyalur (chanelling agent) pembiayaan kepada debitur dengan jumlah maksimum kerja sama, yaitu sebesar Rp25 miliar.

“Fasilitas kredit ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pelaku UMKM berupa kemudahan akses dana untuk keperluan investasi dan modal kerja yang penting bagi keberlangsungan dan pengembangan usaha yang dirintisnya,” ujar Liston.

Liston menilai KlikACC sebagai online marketplace yang mempertemukan langsung peminjam dan pemberi pinjaman secara peer to peer lending, dapat menjadi solusi tepat bagi para pelaku UMKM dalam mendapatkan modal segar untuk pengembangan bisnisnya. Proses pembiayaan kepada debitur, lanjut Liston, juga terbilang mudah.

“Setelah debitur mengisi formulir aplikasi permohonan kredit yang terdapat pada platform dan mengunggah dokumen yang diperlukan, KlikACC akan memberikan rekomendasi kelayakan pembiayaan melalui program analisa kredit yang terdapat pada platform. Rekomendasi KlikACC nantinya menjadi pertimbangan BCA dalam menyetujui permohonan debitur, demi mempertahankan prinsip kehati-hatian agar kualitas kredit yang disalurkan tetap terjaga,” tambah Liston.

Ia melanjutkan, pinjaman debitur melalui platform KlikACC ini minimum sebesar Rp20 juta dan maksimum Rp100 juta dengan jangka waktu fasilitas pinjaman tiga tahun.

“Kami berharap tentunya kerja sama penyaluran kredit melalui KlikACC sebagai chanelling agent ini dapat berkontribusi memperluas jaringan bisnis untuk penyaluran kredit UMKM BCA, serta memudahkan akses finansial untuk UMKM di seluruh Indonesia,” tutup Liston.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *