Awal 2020, PNS Bisa Kerja dari Rumah diawali dari Bappenas

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meninjau integrated digital work (IDW) di Kantor Kementerian PPN/Bappenas Jakarta. IDW tersebut telah dimulai pada awal 2020.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu sempat masuk ke ruang pemantauan atau situation room untuk melihat perkembangan terkini rencana kerja kementerian/lembaga tahun 2020 serta detail program kerja pemerintah melalui layar-layar monitor.

Kemudian, Jokowi meninjau ruang kerja bersama (co-working space) Benny S. Muljana, yang bisa dimanfaatkan oleh para pegawai Bappenas untuk bekerja secara lebih terbuka.

Selanjutnya, dia meninjau Ruang Rapat Djunaedi Hadisumarto, di mana saat itu beberapa pegawai Bappenas tengah berkumpul dan berdiskusi mengenai penerapan kerja fleksibel (flexiwork) di Kementerian PPN/Bappenas.

Untuk diketahui, Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Bappenas berinisiatif melakukan uji coba penerapan cara kerja baru yang lebih fleksibel, baik dalam hal waktu maupun tempat bekerja, serta berbasis digital (smart office).

Konsep IDW ini dirancang untuk memungkinkan Kementerian PPN/Bappenas berperan efektif sebagai clearing house program. Hal itu sebagaimana arahan Jokowi.

Tinggalkan Balasan