Apple Musik dan Spotify Makin Bersaing Semakin Ketat

Layanan musik streaming  di era digital semakin menarik dan banyak diminati. Sehingga banyak perusahaan bersaing untuk menjadi yang utama dalam ranah layanan musik steaming. Tak terkecuali hal ini pun menjadi pengaruh bagi prestasi Apple Music yang telah melampaui jumlah pengguna berbayar Spotify.

Prestasi dalam meningkatkan aplikasi masih belum memiliki arti tertentu bagi kedua perusahaan tersebut. Pada bulan Februari lalu, Apple Music telah melampaui Spotify dalam hal pengguna berbayar di US (Amerika Serikat).

Apple Music telah memiliki 28 juta pengguna berbayar aktif di Amerika Serikat, sedangkan Spotify hanya memiliki sebanyak 26 juta pengguna berbayar pada wilayah yang sama.

Akan tetapi, Apple Music tidak memiliki pelanggan versi gratis, sehingga 28 juta pelanggan yang dimilikinya tersebut merupakan pengguna Apple Music secara keseluruhan di wilayah Amerika Serikat. Hal ini dikarenakan Apple Music hanya menawarkan pelanggan masa percobaan selama tiga bulan saja sebelum mengharuskan pengguna untuk membayar.

Sementara untuk Spotify menawarkan versi gratis dengan dukungan iklan. Hal ini membuat jumlah pengguna Spotify lebih banyak jika dibandingkan dengan Apple Music di wilayah Amerika Serikat. Walaupun memiliki jumlah pengguna yang banyak, ternyata versi gratis ini tidak menghasilkan banyak keuntungan bagi Spotify.

Untuk pasar global, menurut data bulan Desember lalu, Spotify memiliki jumlah pengguna sebanyak 98 juta pengguna, sedangkan Apple Music sebanyak 50 juta.

Selisih jumlah pengguna antara dua layanan streaming musik ini semakin besar jika mencakup pengguna versi gratis Spotify, dengan jumlah pengguna layanan streaming musik asal Swedia ini secara keseluruhan sebanyak lebih dari 200 juta.

Ada perbedaan dari kedua layanan musik streaming ini membuat sulit menentukan tingkat kesuksesan dari masing-masing layanan. Pada Spotify bisnis streaming menjadi bisnis layanan utama dan satu-satunya , sedangkan pada Apple Music, bisnis merupakan salah satu layanan yang ditawarkan oleh produk Apple.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *