5R Industri Harus Cipatkan Indonesia Bersih

Pemerintah di Indonesia sekarang sedang gencar-gencarnya menggalakan konsep circular economy di berbagai aspek. Seperti diketahui 5R yang dimaksudkan adalah reduce, reuse, repair, recycle, dan recovery merupakan prinsip utama dalam circular economy.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto menjelaskan bahwa material mentah dapat digunakan berkali-kali dalam berbagai daur hidup produk, sehingga ekstraksi material mentah alam bisa lebih efektif dan efisien.

Menurut Menperin, konsep 5R sejalan dengan implementasi dari peta jalan Making Indonesia 4.0 yang salah satu program prioritasnya adalah mengakomodasi standar-standar berkelanjutan.

Prinsip 5R dilakukan melali pengurangan pemakaian bahan mentah dari alam, optimasi penggunaan bahan dan material yang dapat digunakan kembali, penggunaan material daur ulang, proses pengolahan kembali, dan melakukan perbaikan. Kementrian Perindustrian melalu Pusat Penelitian dan Pengembangan Industri Hijau (Puslitbang IHLH) terus mendorong sektor industri manufaktur nasional agar menerapkan industri hijau, salah satunya Sertifikat Industri Hijau. Serifikat Industri Hijau ini adalah serangkaian kegiatan penerbitan sertifikat perusahaan-perusahaan industri dalam pemenuhan SHI (Standar Industri Hijau).

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *